Cara Melatih Konsentrasi Secara Sederhana, Berani Coba?

By #adminweb 11 Agu 2022, 12:14:58 WIB Sekolah
Cara Melatih Konsentrasi Secara Sederhana, Berani Coba?

Membiarkan pikiran berkelana atau memaksakan diri untuk melakukan lebih dari satu hal di satu waktu hanya akan membuat tugas terbengkalai. Untuk bisa menuntaskan tugas dengan cepat sekaligus teliti, diperlukan latihan fokus.

Dan berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian praktikan:

  1. Digital Detox

Apabila otak dan tangan tanpa sadar selalu tergerak untuk membuka aplikasi media sosial, mungkin sudah saatnya mencoba digital detox. Caranya bisa berbeda-beda setiap orang, mulai dari membatasi durasi mengakses media sosial setiap harinya, mematikan notifikasi, atau menghapus aplikasinya dari ponsel. Pada awalnya, digital detox akan terasa sulit karena kebiasaan yang sudah terbentuk selama ini. Namun jika sudah berhasil terlewati, akan terlihat betapa banyaknya waktu terbuang sia-sia selama ini hanya untuk mengakses media sosial.

  1. Mengerjakan Tugas satu per satu

Ketika memiliki banyak pekerjaan yang harus dikerjakan, terkadang kita lebih suka mengerjakannya secara bersamaan. Akan tetapi, hal itu dapat memecah fokus dan konsentrasi. Jangan menyelesaikan pekerjaan dengan cara itu. Selesaikanlah pekerjaanmu satu demi satu. Lihatlah pekerjaan mana yang harus didahulukan atau harus segera diselesaikan. Kerjakanlah pekerjaan itu dahulu sampai selesai, dan begitu seterusnya. Untuk lebih mudah dalam melakukan car aini, cobalah untuk mengerjakan pekerjaan setelah kamu menerimanya. Dalam artian, jangan menunda pekerjaan. Ketika kamu mendapat pekerjaan lalu langsung mengerjakannya, maka kamu akan lebih fokus dan konsentrasi.

  1. Tidur Yang Cukup

Begadang semalaman demi menuntaskan pekerjaan hanya akan mempersulit seseorang untuk bisa fokus. Tak hanya itu, tidur kurang dari waktu yang ideal juga akan berdampak negatif pada daya ingat, baik jangka pendek maupun panjang. Untuk bisa meningkatkan kualitas tidur, hindari mengonsumsi terlalu banyak kopi di siang hari, jangan melihat alat elektronik menjelang waktu tidur, serta buat suasana kamar tidur nyaman seperti mengurangi cahaya saat tidur.

  1. Meditasi

Meditasi adalah salah satu cara yang tepat untuk melatih fokus dan konsentrasi. Meditasi akan membantu kamu dalam memfokuskan pikiran dan berkonsentrasi. Tidak perlu melakukan meditasi yang sulit, cukup lakukan dengan cara sederhana dan ringan. Luangkanlah waktu sekitar 5 menit sampai 15 menit. Bagi seseorang yang baru memulai, cobalah meditasi dalam waktu 5 menit setiap harinya.

  1. Tidak Telat Makan

Tidak berlebihan jika ada orang yang mengeluh sulit berkonsentrasi jika perut sedang lapar. Untuk bisa mengajak otak tetap fokus dan meningkatkan energi, waktu makan harus teratur. Apa yang dikonsumsi juga tak kalah penting. Seimbangkan protein, karbohidrat, dan lemak sehat agar tetap berenergi. Pilih makanan yang baik untuk otak seperti sayuran, ikan berlemak, berries, dan kacang-kacangan. Tak hanya itu, siapkan camilan sehat untuk dikonsumsi saat merasa lapar di tengah bekerja.

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment