UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA 2019 SMA PGRI 4 KOTA BOGOR

By #adminweb 04 Okt 2019, 09:01:35 WIB Sekolah
UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA 2019 SMA PGRI 4 KOTA BOGOR

smapgri4bogor.sch.id

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober,

Tragedi G30S

Gerakan tersebut merupakan bagian dari sejarah buruk bangsa Indonesia. Dalam peristiwa tersebut, enam jenderal serta satu perwira pertama TNI AD yang menjadi korban. Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jenderal Raden Soeprapto, Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono, Mayor Jenderal Siswondo Parman, Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan, Brigadir Jenderal Sutoyo Siswodiharjo, dan Lettu Pierre Andreas Tendean.

Pada 1 Oktober 1966, peringatan Hari Kesaktian Pancasila pertama kali dilakukan di Lubang Buaya.

Senin tanggal 1 Oktober 2019, bertempat di Lapangan Sekolah SMA PGRI 4 KOTA BOGOR dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019.

Pancasila merupakan pandangan hidup, dasar negara, dan pemersatu bangsa Indonesia yang majemuk. Kondisi ini dapat terjadi karena perjalanan sejarah dan kompleksitas keberadaan bangsa Indonesia seperti adanya keberagaman suku, agama, Bahasa daerah, pulau, adat istiadat, kebiasaan budaya, serta warna kulit yang berbeda. Kemajemukan ini mutlak harus dipersatukan melalui nilai dasar Pancasila.

Dalam Amanat Upacara , Bpk TATANG MUHTAR, Spd. SE. M.si mengatakan bahwa peserta yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara, dan bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment